Bangun Rumah Lagi Urus IMB di kecamatan

image

Bangun Rumah Lagi  Urus IMB di kecamatan

 

Ada rencana untuk membangun rumah seputaran tebet..kecil saja tanahnya 90 meter, sudah ada rumah tua banget..jadi harus dirubuhkan. Sejalan dengan semangat reformasi Jokowi Ahok maka dengan gagah berani gw mo ngurus IMB sendiri ke kecamatan. Tahun 2010, gw bikin IMB untuk tanah seluas 200 meter di wilayah yang sama..nembak aja. biayanya 8 juta, seminggu jadi dan bisa  silakan langsung mulai bangun. Nah logika ini kalo dipake..berarti sekarang dgn luas tanah separuhnya, biayanya paling 4 juta. tapi gak salah juga ya mencoba prosedur.

Minggu malem..browsing dulu..dapet situs bagus banget..recommended..izinbangunan.comDisini disebut tuh syarat syarat pengurusan di pemda DKI. kalo untuk IMB: 1. SK penetapan BPN ato Sertifikat yg dilegalisir notaris 2. copy KTP 3. copy PBB terakhir 4. Gambar Arsitek 5. copy NPWP..6 BPHTB lembar yang sudah diverifikasi….

nah kalo dah ada itu semua marilah ke kecamatan..sudah terbayang max biaya hanya 4 juta nih. lagi liat papan nama ruangan..eh ditegor..mo urus apa pak, wuih ramah banget kan..IMB gw bilang. silakakn masuk ruangan sini pak..di ruang rada gelap n jorok..gw terangkan maksud mo urus imb dan ini dokumennya…dia cek sana sini..n dia bilang ok semua dokumennya. gw tanya dong..form apa yg perlu diisi, berapa retribusi..gimana prosesnya secara garis besar…dia cuma bilang perlu KRK -rencana kota..ini dari bagian lain pak..bentar saya panggil. dateng deh orang tata kota..dari ruang sebelah..cek lagi sana sini..oh ok kok sudah lengkap. berapa jadi tarifnya..dia bilang untuk dapet KRK 2 juta aja..nanti dari KRK baru diurus IMB nya tentu dengan tarif lain lagi…

Gw berdiri..n gw tunjuk itu manusia berdua..gw bilang kalo gw pembayar pajak yang taat, loe pegawai negeri gajinya dari pajak gw..imb ini pemerintah yang minta..n gw patuh..sekarang gini cara loe melayani warga negara indonesia? siapa nama loe? ..ketakutanlah mereka berdua…baru deh dibilang..ya kalo bapak mau urus sendiri kita juga gak maksa..nah kan dari tadi gw dah bilang gitu..sekarang loe terangin prosesnya…langsung gw dikasih formulir untuk mulai proses dapetin KRK dari tata ruang…retribusi tata ruang nanti katanya 12 ribu. semprul kan…

Jadi rupanya IMB ini melibatkan 3 bagian di kecamatan..pertama Tata Ruang ato tata kota..produknya nanti KRK..ini kayak surat yg ada gambar tanah kita..dan ada jarak sempadan bangunan serta koefisien dasar bangunan (KDB).  Kedua, bagian IMB..tapi baru proses kalo ada rekomendasi dari bagian  Penertiban ato P2B..nah di rekomendasi dikasih kalo dah visit tanah kita…Rekomendasi sudah ada, baru kita disuruh bayar retribusi IMB…

Nah mulai deh dengan tata kota untuk dapet KRK. disini rupaya peruntukan tanah kita diperiksa..apakah buat Wisma Kecil/Deret..WKC /D ..kalo pas, gak ada masalah…untuk memastikan mereka perlu kirim juru ukur ke lapangan. Gw bilang, kapan juru ukur datengnya..mereka bilang segera..tapi kasih uang bensin. baik gw bilang..nanti di lapangan aja …karena kita harus ada disana. Surprise, mereka bilang nanti siang dateng…jam 2. gw tunggu jam 2 gak ada..sial juga nih..kayaknya gw dikerjain karena dah marah marah. eh taunya 2.30 dateng….selesai ukur..gw tanya berapa uang bensinya. 200 ribu. ok. abis ini apa lagi prosesnya. digambar pak…silakan hubungi tukang gambarnya di tata ruang biar dikerjain..berapa? 150 ribu. Rabu..gw dateng khusus ketemu tukang gambar..gw kasih jumlah itu..dia bilang 9 hari kerja sudah jadi. OK, gw tunggu..bener juga 9 hari kerja gw dicall sudah jadi. tinggal ambil. gw kasih lah pengambil surat dari ruang kepala kantor..karena gw kepagian dateng…100 ribu. fuih..selesai KRK dengan 450 ribu aja. retribusi ternyata gak ada.

Masuk ruang IMB..daftar. semua syarat sudah ok, dibilang nanti P2B akan tinjau dulu, 2 hari lagi baru rekomendasi…dan 14 hari kerja proses IMB. gw bilang sebagai warga negara yg baik..gw mo patuh..tapi jangan dikerjain karena gw patuh..mohon panduannya karena gw gak tau proses…gw bayar apa yang harus gw bayar….OK katanya, tapi gambar dilihat dulu dong…dia periksa..nah disini mulai kampretnya. Pertama sempadan bangunan..artinya jarak dari pagar ke bagian terluar bangunan…di KRK lebar jalan 3 meter..eh sempadan 3 meter..biasanya sih 1/2 lebar jalan..tapi ok lah..gambar diperiksa..eh ketauan kalo kamar atas..jaraknya 2.5 meter ,dinding bawah sih ok 3 meter..pake model cantilever dia….alias harus dimundurin..gelo deh. gw ngotot..apa pengaruhnya dinding atas…berikutnya..di setiap bangunan harus ada tanah terbuka di belakang..untuk sirkulasi..dan itu di tengah belakang..arsitek dah bikin ..tapi di sudut..dia komentarin..gw ngotot..apa bedanya sih pak. akhirnya dia diam. berikutnya..setiap rumah ada celong alias tanah masuk di kiri dan kanan untuk pemadam kebakaran katanya..masih masing 1.5 meter persegi..nah rumah gw gak ada..tapi di bagian kanan ada carport yg masuk 3 meter lebarnya..gw bilang, kalo ini kan gak kiri kanan..tapi kanan aja..sama aja dong..dia ngotot ngga sama..harus kiri kanan. gw bilang logikanya apa harus kiri kanan? dia diem aja. nah berikutnya gw mati kutu. Koefisien dasar bangunan alias total lantai yang bisa dibangun untuk daerah tebet ditetapkan 60%. nah kalo tanah 90 meter, max lantai bawah hanya bisa 54 meter persegi..atas juga gitu dia bilang. Dia hitung itu gambar gw dan dapetnya lantai bawah total 56 meter. Gak bisa nih pak..lebih 2 meter..matilah gw.

terpaksa minta tolong gimana caranya..dia cuma anjurin ada arsitek yg biasa beredar di kecamatan ini..ok gw dikasih nomor hp nya..dan 2 hari gambar jadi sesuai dengan aturan pemerintah negara indonesia tercinta ini….biayanya 800 ribu. ok, gw bayar, dan jadi. baru masukin formulir dan dokumen tadi untuk imb. rupanya gambar arsitek gw cuma diedit dikit..tanah dibelakang dibuat terbuka aja…jadi gak ada dapur. gw tanya, lah ini gimana kalo gak ada dapur..dia bilang sih, bangunnya sih pak pake gambar arsitek bapak aja..ini kan cuma buat supaya lolos imb aja..owh..gitu toh.

Visit oleh P2B gak taunya akan dijalankan sama orang yg gw minta tolong urus IMB dulu..wah dia seneng ketemu gw. tapi buru buru gw bilang kalo gw urus sendiri nih..gak ada dananya. tapi kan loe yg mo visit yak..gw baru mo keluarin 200 ribu buat bensin..eh dia bilang, boss kalo P2B itu uang kas nya 1 juta..nanti di bagian IMB juga gitu..sejuta lagi. Waduh..gw kaget..kok brutal banget yak. itu juga masih diluar bensin boss…baiklah gw bilang. Gw gak mau bayar tuh..silakan aja ditahan lama lama..ntar gw tulis di koran aja. gw akan bilang warga negara yang baik dikerjain di kecamatan ini… sambil gw ngeloyor pergi…

rasanya birokrasi memang sudah gila  yak..masa mo urus normal malah jadi gak bisa alias susah..apa semua harus lewat pintu belakang? wong semua syarat gw patuhin kok…ada semua….kesian banget yak jadi warga negara indonesia.  sambil browsing..gimana yak kirim email ke jokowi/ahok..gw bisa tulis semau kronologis n nama manusianya..plus camatnya. biar sekalian aja.

eh dua hari lagi..gw ditelfon..silakan bayar retribusi IMB karena rekomendasi dah ada. Gw bayar 100 ribu ke bank DKI dengan bukti setor yg dibikin oleh bagian IMB…lalu bukti bayar diberikan balik ke bagian IMB. dia bilang 14 hari kerja ya pak..moga moga gak off line di dinas jakarta selatan..kalo gitu bisa lebih lama..tapi bisa juga lebih cepat sih. gw kasih 300 ribu orangnya..dengan alasan dia call gw pake pulsa pribadi kan..dan nanti harus call lagi kalo dah jadi…dia terima kasih banyak. gw rasa buat dia lebih enak urusan dengan gw…cash n carry..kalo lewat calo n duitnya ke kas..kan musti dibagi banyak tangan..yg jelas kepala kantor pasti lebih gede..alhasil dia bisa jadi cuma dapet kuah aja kali..makanya enakan langsung gini. tinggal aja dia bilang ke boss nya..ini YBS pak..yang bersangkutan maksudnya alias urus sendiri..alias gak ada isinya…Gw tanya ke tukang di lapangan..ada orang camat yg ninjau..nggak tuh..he..he..he..rekomendasinya dari mana ya datengnya…

Jadi sejauh ini sudah habis 450 ribu di KRK, 800 + 300 +100  ribu di IMB = 1,650 ribu. Gw anggap aja jumlah ini (kecuali gbr arsitek ya) sebagai derma deh..atas service yang memuaskan. Gak sampai 10 hari kerja alias 2 minggu, gw dah ditelfon. katanya sudah jadi dan tinggal ambil saja. lengkap dengan plang kuningnya….akhirnya.

Nah kalo mo ngurus IMB sendiri..rasanya gak susah susah amat yak. asal sabar aja nunggu. siapkan setidaknya sebulan kali ya..jangan tukang sudah dimobilisasi baru IMB diurus..jadi susah. mending urus IMB dulu..kalo soal gambar arsitek kayaknya memang benar nih..mo kita gambar kayak apa juga pasti ada salahnya…dan peraturannya gak masuk diakal..masak luas tanah 90 meter cuma boleh dibangun 54 meter..lah kayak apa jadinya  ya. jadi peraturan inilah yang dimanfaatkan karena pasti susah untuk dipenuhi. akhir kata, ngurus imb gak sesusah yang diduga..apalagi kalo memang kita tidak melanggar apa apa ya.

Izin Mendirikan Bangunan-IMB

Izin Mendirikan Bangunan-IMB

Plang kuning untuk dipasang di depan

Plang kuning untuk dipasang di depan

KRK dari tata ruang

KRK dari tata ruang

peta lampiran KRK

peta lampiran KRK

Fri, 22 Dec 2017 @11:44

Copyright © 2018 PT. BINA MANAJEMEN GLOBAL · All Rights Reserved
powered by sitekno